Cari

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

follower me...

it's me, virus..

serang, banten, Indonesia

it's my album

Kamis, 03 Desember 2009

Tips Sukses Cara Agar Pelajaran Menghapal Mudah

| |

Untuk diketahui, manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga. Otak kiri berfungsi menangani materi yang bersifat matematis dan logika, otak kanan menangani materi yang bersifat intuitif, spiritual, emosional, dan otak belakang yang menangani masalah memori.

Kalau kita menghapal sebuah mata pelajaran, termasuk rumus matematika, ilmu ukur sudut, logarithma, bahasa, sejarah dan lainnya, apa yang kita baca dan hapal, semuanya direkam oleh otak kiri dan disimpan di dalam otak belakang yang berfungsi sebagai gudang memori atau semacam hard disk-nya komputer.

Pada saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian, kita akan memerintahkan otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah disimpan di memori otak belakang.

Di sinilah letak kendalanya, menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia di Amerika Serikat, ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan metoda standar, untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan di otak belakang, maksimal hanya 20 persen saja.

Akibatnya, pada saat kita harus menjawab soal ujian, maksimal hanya 20 persen yang bisa dijawab sempurna, yang lainnya hanya kira kira saja (gambling).

Bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka kembali hasil rekaman yang tersimpan di otak belakang bisa meningkat sampai optimal, mendekati 100 persen?

Jawabnya adalah, kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas maksimal, sangat lelah, agar otak kanan kita secara otomatis akan segera membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa perintahkan otak kanan bekerja, dia akan bekerja secara intuitif, bila keadaan sudah darurat).

Sekarang bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang intuitif turun tangan menolong otak kanan? Caranya adalah sebagai berikut:

1. Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul.

2. Kemudian kalau merasa sudah hafal betul, tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai, tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja.

3. Setelah tubuh dan otak sudah terasa dingin dan santai, ambil kertas dan pena, lalu kita tuliskan kembali semua yang kita hafalkan tadi di atas kertas, dengan menggunakan singkatan semacam ’’jembatan keledai’’ (contoh untuk siapa apa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa ’’jembatan keledai’’ nya adalah siabidibame).

4. Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan, jangan pindah ke pelajaran lain dulu.
5. Setelah mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca, dikeluarkan dari otak belakang/memori sebanyak 100 persen dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut turut dan hasilnya sama baiknya, ambillah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel di dinding tempat kamu belajar.

Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan. Semoga berhasil.

0 komentar:

go-top

Posting Komentar

my music..

jam berapa??

ckkkk...di isi dunk...

..calender me'

 
 
 
top